Monday 18 August 2014

KISAH NABI ISA AS.

MARYAM IBUNDA NABI ISA A.S.
maryam sejak kecil diasuh oleh mendiang nabi zakaria. ia seorang gadis yang baik budi pekertinya . sesudah menginjak usia dewasa ia selalu mengurung diri ditempat ibadah. sama sekali tidak pernah berhubungan dengan orang lain.
pada satu hari nabi zakaroa menengok maryam ditempatnya. ia terkejut melihat aneka buah-buahan berada dikamar itu. maryam menjelaskan bahwa semua itu adalah karunia allah. nabi zakaria percaya akan hal itu. memang tidak mustahil maryam yang suci , taqwa dan tunduk pada perintah allah itu mendapat karunia berupa makanan dari surga.
pada suatu hari maryam kedatangan malaikat yang mengatakan bahwa ia akan mengandung dan melahirkan anak laki-laki yang nantinya akan menjadi nabi dan rasul. maryam hern bagaimana bisa ia seorang perawan , belum bersuami akan mempunyai anak. malaikat menjawab bahwa jika allah menghendaki sesuatu cukuplahberkat"jadialh" maka kehendaknyapun jadi.
MARYAM MENGASINGKAN DIRI
ternyata betul , tidak berapa lama kemudian maryam hamil. segera saja ia jadi bahan pergunjingan masyarakat disekitarnya. ia dianggap telah berbuat seorang dengan laki-laki lain. sungguh tuduhan ini merupakan hal yang menyakitkan bagi maryam. inilah salah satu dari ujian berat yang harus dihadapi dengan iman yang teguh.
ia mengasingkan diri dari keramaian untuk menghindari emoohan masyarakat . ia melahirkan bayinya dibawah sebatang pohon kurma yang diberkati allah. bayinya lahir dengan selamat. sesudah kesehatanya pulih maryam kembali kerumahnya dengan membwa bayinya itu.

SANG BAYI YANG MENJELASKANYA
berbagai pendapat dan tuduhan ditunjukan kepada maryam . bagaimana ia seorang perawan yang tekun beribadah bisa mempunyai seorang anak?  " tanyakanlah pada bayi itu sendiri " kata maryam menjawab pertanyaan orang-orang disekelilingnya . walu merasa ragu . dan menganggap maryam tak waras mereka bertanya pula kepada isa , anak maryam yang masih bayi itu.
tak disangka isa masih bayi itu bisa menjawab atas kehendak allah" aku adalah hamba allah, akan diturunkan kepadaku kitab injil. allah telah memilihku menjadi seorang nabi, menjadikanku orang yang mendatangkan berkah dan mengajarkan kebaikan , memerintahkan untuk mendirikan shalat dan membayar zakat selama hidupku , berbuat baik kepada orang tuaku . aku tidak sombong pada orang lain dan tidak tenggelam dalam maksiat . allah memberiku keselamatan pada hari lahirku dan kematianku dan juga pada hari kebagkitan dihari kiamat".
dengan demikian yakinlah mereka bahwa maryam memang suci bersih dari tuduhan mereka selama ini.
KENABIAN ISA A.S
sejak kecil sudah menampakan diri sebagai manusia istimewa. kecerdasanya luar biasa . dan pada umur 30 tahun ia diangkat sebagai nabi dan rasul. sebelum itu telah diajarkan kepadanya taurot dan injil. dengan diangkatnya sebagai rasul maka mulialah ia menyebarkan agama islam kepada kaumnya. menyerukan kaum yahudi daan orang-orang israil untuk kembali kepada allah. menyadarkan kesesatan mereka yang telah berani merubah kitab taurot peninggalan nabi musa.
KABAR TENTANG DATANGNYA NABI AKHIR ZAMAN.
salah satu ajaran nabi isa adalah kabar tetang adanya nabi sesudahnya yaitu ahmad atau muhamad . hal ini tersebutlah dalam al quran surat ash shaffayat 6:a " sesungguhnya aku adalah utusan allah kepadamu memberikan kitab sebelumku , yaitu taurat dan memberi kabar gembira dengan datangnya seorang rasul yang akan datang sesudahku yaitu ahmad " muhamad"
AL-HAWARIYUM
yaitu para sahabat nabi isa dan murid-murid yang dekat. mereka inilah yang meneruskan dan menyebarkan ajaran nabi isa kepada kaumnya..
MUKZIZAT NABI ISA.
kedatangan nabi isa dengan ajarannya yang bersih dan benar telah membuat tokoh-tokoh agama dari kalangan rahib bani israil terancam kedudukannya. maka mereka meminta bukti kebenaran beliau selaku utusan allah. maka allah memberikan mu jizat kepada nabi isa untuk menguatkan ajarannya antara lain:
1. nabi membuat mainan burung dari tananh liat, setelah ditiup burung itu hidup dan terbang atas seizin allah . beliau dapat menyebutkan orang buta.
2. beliau dapat menyembuhkan orang yang terkena sakit sopak. dapat menghidupkan orang mati.
3. bisa meniptakan jenis makanan yang dimakan orang-orang dirumah mereka dan juga makanan yang mereka simpan. dapat menurunkan makanan dari langit untuk menuruti kaumnya yang minta hidanganya dari sorga.
WAFATNYA NABI ISA
pemerintahan romawi tidak menyukai kehadiran nabi isa yang dianggap membahayakan imperium mereka. mereka bermaksud membunuh nbi isa . salah seorang murid nabi isa yang bernama yudas berkhianat. dialah yang menunjukan tempat persembunyian nabi isa tetapi allah melindungi nabi isa, beliau diangkat kelangit. sedang yudas yang berkhianat diserupakan wajah dan penampilan seperti nabi isa, maka yudaslah yang ditangkap dan disalib tentara romawi .
menurut khadis shahih nabi isa akan diturunkan ke dunia lagi menjeang hari kiamat.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Free Blogger Templates | Web Hosting Deals